Dijual Rumah di Depok, Tips Memburu yang Hunian Terbaik

info dijual rumah di DepokKebutuhan rumah kian meninggi setiap tahunnya. Dengan tingkat urbanisasi dari desa ke kota yang tinggi, kebutuhan akan rumah para pekerja di ibukota mulai dibangun di sekitar pinggiran Jakarta. Daerah pinggiran ibukota semisal Depok, Bekasi, Karawang menjadi daerah tujuan utama mencari rumah. Mulai dari perumahan maupun yang tidak ada di perumahan. Silahkan di cek ke internet ataupun koran ibukota, akan banyak penawaran ‘dijual rumah di Depok’, dengan variasi harga, mulai dari 100 jutaan hingga 500 jutaan, tergantung kebutuhan. Sebelum anda melangkah lebih jauh dalam membeli rumah, ada baiknya anda menyimak beberapa tips dalam membeli rumah yang baik, khususnya di pinggiran ibukota.

Jika anda membeli rumah, besaran budget menjadi hal yang sangat krusial. Ini akan mempengaruhi keputusan anda ingin membeli rumah baru ataukah rumah bekas. Namun jika

anda akan melakukan kredit rumah, ada baiknya anda menyiapkan dana minimal sebesar 30 persen dari total harga, khususnya untuk rumah yang memiliki luas 70 meter. Sedangkan untuk tipe menengah seperti tipe 36, 45, uang muka yang disediakan lebih kecil. Jadi ketika anda memilih iklan dijual rumah di Depok, pastikan jumlah cicilan KPR tidak lebih dari 30 persen dari total penghasilan gabungan anda dengan pasangan anda. Hal ini bertujuan untuk menjaga kondisi keuangan anda tetap sehat.

Dijual Rumah di Depok, Mencari Komparasi Harga

Setelah anda memilih harga rumah yang ditawarkan yang sesuai dengan budget anda dan penawaran dijual rumah di Depok timurpasangan, selanjutnya anda harus memperhatikan kondisi fisik dari rumah yang akan dibeli. Anda barangkali tertarik dengan penawaran iklan ‘dijual rumah di Depok dengan harga dibawah 200 juta dengan tipe 45’, namun anda harus mencermati lebih lanjut bagaimana kondisi fisiknya, jangan-jangan banyak kerusakan di sana sini, tentu saja anda akan merogoh kocek lebih dalam lagi. Bagian rumah yang harus anda cermati yaitu sirkulasi udara, pintu, listrik serta air, plafon, kondisi tembok, saluran pembuangan, kondisi atap rumah, jika akan direnovasi oleh anda, pastikan masih dalam batas kemampuan finansial anda.

dijual rumah di Depok 2 tengah baruBayangkan, sekarang anda memiliki rumah yang bagus dengan harga yang terjangkau. Iklan ‘dijual rumah di Depok dengan harga murah’ ternyata ketika ditinjau rumahnya memang strategis, bagus, dan dengan harga yang murah dibanding penawaran lainnya. Apa lagi yang harus anda pertimbangkan sebelum deal? Lingkungan sekitar rumah. Apakah rumah tersebut dekat dengan fasilitas publik? Ataukah dekat dengan tempat kerja anda atau tidak? Bagaimana kondisi lingkungan rumah saat jam-jam sibuk, dan apakah anda bisa dengan mudah menengok rumah di waktu yang berbeda, entah malam maupun siang untuk sekedar menikmati suasana rumah. Berbagai faktor di atas harus anda perhatikan sebelum anda deal membeli rumah.

Dijual Rumah di Depok, Hunian Ideal Bagi Semua

Pertimbangan lainnya sebelum anda membeli yaitu mengenai kelengkapan dokumen serta dijual rumah di Depok butuh uang cepatsurat rumah. Jangan tergiur oleh iklan ‘dijual rumah di Depok’ dengan harga yang sangat murah, namun ternyata dibalik itu terdapat konflik mengenai status kepemilikan rumah tersebut. Tentu saja anda tidak menginginkan ikut terlibat dalam pertikaian mengenai status rumah tersebut. Pastikan keaslian sertifikat rumah (SHM) yang akan anda beli, kemudian Ijin Mendirikan Bangunan (IMB), dan bukti Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Jika anda akan membeli rumah waris, pastikan adanya kehadiran notaris serta tanda tangan semua ahli waris. Anda harus benar-benar memeriksa dengan teliti surat-surat tersebut untuk menghindarkan hal-hal yang tidak diharapkan.dijual rumah di Depok harga di bawah 100 juta saja

Sudah banyak pembahasan mengenai hal-hal yang harus anda cermati, mulai dari budget, kondisi fisik bangunan, keadaan lingkungan sekitar, kelengkapan surat-surat rumah, yang terakhir adalah riset harga, berapa patokan harga disana? Masih ada hubungannya dengan penentuan budget, namun riset harga akan membantu merampingkan biaya yang akan dikeluarkan nantinya. Misalnya dalam iklan dijual rumah di Depok seharga 200 juta, anda bisa melakukan riset yang akan menjadi patokan anda. Bisa dengan bertanya dengan orang-orang di sekitar rumah yang akan anda beli, maupun bisa langsung bertanya kepada agen properti. Itulah beberapa hal yang harus anda cermati sebelum anda membeli rumah, baik bekas maupun baru.

One thought on “Dijual Rumah di Depok, Tips Memburu yang Hunian Terbaik

  • August 26, 2014 at 3:21 pm
    Permalink

    Mohon maaf apa masik ada kesempatan untuk saya membeli rumah dengan harga Rp 150000000,_ dengan pembayaran diangsur selama 10 tahun.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *